Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Program Studi yang mencetak pendidik yang kompeten, berpengetahuan luas, berkepribadian baik, dan menguasai iptek berdasarkan nilai-nilai keislaman
Misi
Melaksanakan Pendidikan dan Pembelajaran untuk membekali kompetensi utama guru
Melaksanakan Penelitian dan Pengembangan yang inovatif dalam bidang Pendidikan Dasar
Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berbasis penelitian dan pemberdayaan.
Menjalin Kerjasama dalam bidang Pendidikan baik antar Perguruan tinggi, sekolah/ madrasah maupun Lembaga lainnya
Melaksanakan evaluasi yang berkelanjutan untuk memperbaiki penyelenggaraan program studi
TUJUAN
Tujuan Umum
- Terciptanya proses pendidikan dan pembelajaran untuk calonguru yang berkompeten dan berpengetahuan luas, berkepribadian baik dan menguasai IPTEK berdasarkan nilai-nilai keislaman.
- Terwujudnya penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan yang inovatif
- Terwujudnya kerjasama dalam bidang pendidikan dengan berbagai lembaga.
- Terwujudnya pengabdian masyarakat yang berbasis penelitian dan pemberdayaan sebagai bentuk kepekaan sosial.
- Terwujudnya proses evaluasi yang berkelanjutan untuk memperbaiki penyelenggaraan program studi.
Tujuan Khusus
- Terwujudnya sarjana pendidikan islam yang menguasai kompetensi sebagai guru Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar.
- Terwujudnya sarjana pendidikan yang berkepribadian baik dan senantiasa menjunjung tinggi nilai- nilai keislaman..
- Terwujudnya sarjana pendidikan yang mempu mengikuti perkembangan IPTEK
STRATEGI
Untuk mencapai Visi dan Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah telah ditetapkan strategi berikut ini:
Dari Tujuan 1:
Terciptanya proses pendidikan dan pembelajaran untuk calon guru yang berkompeten dan berpengetahuan luas, berkepribadian baik dan menguasai IPTEK berdasarkan nilai-nilai keislaman. Maka strategi yang dipilih yaitu:
- Meningkatkan kualitas Kurikulum, RPS dan materi pembelajaran sesuai dengan standar mutu secara berkelanjutan.
- Mengembangkan metode dan strategi yang bervariatif serta inovatif dalam proses pembelajaran yang menyesuaikan dengan perubahan zaman.
- Mengembangkan sumber pembelajaran baik tekstual, kontekstual maupun melalui media digital.
- Menggunakan berbagai media dalam proses pembelajaran.
- Melakukan internalisasi nilai- nilai keislaman dalam proses pembelajaran.
- Melakukan evaluasi dalam setiap proses pembelajaran.
Dari Tujuan 2:
Terwujudnya penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan yang inovatif. Maka strategi yang dipilih yaitu:
- Mendorong dosen dan mahasiswa melakukan penelitian tentang topik –topik sesuai keilmuan.
- Meningkatkan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah.
- Mengembangkan penelitian untuk menciptakan inovasi produk- produk pendidikan.
Dari Tujuan 3:
Terwujudnya kerjasama dalam bidang pendidikan dengan berbagai lembaga. Maka strategi yang dipilih:
- Mengembangkan kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan formal
- Mengembangkan kerja sama dengan lembaga pendidikan nonformal
- Mengembangkan kerjasama dengan lembaga pendidikan informal
Dari Tujuan 4:
Terwujudnya pengabdian masyarakat yang berbasis penelitian dan pemberdayaan sebagai bentuk kepekaan sosial. Maka strategi yang dipilih adalah:
- Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk kegiatan pendidikan di masyarakat.
- Dosen dan mahasiswa berkolaborasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
- Mengembangkan berbagai inovasi hasil penelitian pendidikan dalam masyarakat.
Dari Tujuan 5:
Terwujudnya proses evaluasi yang berkelanjutan untuk memperbaiki penyelenggaraan program studi. Maka strategi yang dipilih prodi PGMI yaitu:
- Melakukan kegiatan evaluasi secara periodik dan menyeluruh.
- Mengembangkan instrumen evaluasi penyelenggaraan program studi.
- Mengembangkan kerjasama dengan mahasiswa dalam proses evaluasi penyelenggaraan program studi.
- Mengembangkan kerja sama dengan stakeholder alumni dan mitra dalam proses evaluasi pengembangan program studi.